Breaking News

Friday 11 March 2016

Pesan Error & Format Data Excel

Salam ...

Pesan Error & Format Data Excel

                Pada artikel yang saya posting sebelum-sebelumnya saya sudah membahas tentang dasar-dasar aplikasi tersebut beserta fungsi dasar dari microsoft excel.
                Setelah sedikit memahami tentang fungsi dasar pada microsoft excel, kadang kala kita sering mendapatkan pesan error ketika memasukkan fungsi atau argumen pada sel. Hal tersebut terjadi karena kita belum memahami Format Data dan Sel pada microsoft Excel.
                Pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang Format Data dan Sel, lalu saya akan menerangkan sedikit tentang yang namanya Pesan Error.
A.      Format Data dan Sel
Pada microsoft excel, data dan sel bisa kita tentukan formatnya sesuai dengan keinginan kita dengan cara : pilih menu Format > Cells. Pada kotak dialog Format Cells terdapat beberapa pilihan Tab, diantaranya yaitu Number, Allignment, Font, Border, Pattern, dan Protection. Pada tab Number format bilangan dibagi kedalam beberapa kategori seperti general, number, date dan sebagainya.

Format
Tampilan
0.00
2343.00
0.00E+00
2.3443+03
##0.0+0
2.3E+3
#,##0.00
2,343.00
#,##0.00%
234,300.00%
0.0”m”
2343.0 m

Allignment merupakan pengaturan untuk mengatur letak teks yang terdapat pada suatu sel misalnya vertikal atau horisontal, kontrol teks dan orientasinya, contoh allignment yang saya gunakan pada tabel diatas adalah rata tengah. Font adalah pengaturan yang mencakup tentang karakter, seperti jenis huruf yang digunakan, ukuran huruf, ataupun warnanya. Border berfungsi untuk membuat garis tepi pada sel, terdapat tipe pada pilihan border misalnya (lurus, putus-putus, tipis, tebal) ataupun warna garisnya. Pattern berfungsi untuk membuat tampilan sel lebih menarik dengan arsiran. Protection biasa digunakan untuk memilih kondisi (locked atau tidak), data dan formua (hidden atau tidak) didalam sel apabila proteksi worksheet diaktifkan. Untuk memproteksi worksheet bisa dilakukan dengan cara pilih menu Tools > Protection > Protect Sheet.
                Untuk mengatur lebar kolom dan baris biasanya cukup dengan men-drag garis sel sesuai ukuran yang diinginkan, atau untuk menyesuaikan sel dengan isi nya cukup men-doubleklik pada garis tepinya, maka ukuran sel akan otomatis menyesuaikan dengan isi sel.

B.      Pesan Error
Pesan Error atau Error Message akan muncul bilamana suatu formula tidak bekerja sesuai fungsinya, contohnya : jika argumen dalam formula tidak lengkap, tipe data yang tidak sesuai, atau bahkan salah dalam mengembangkan logika. Hal lainnya misalkan melakukan suatu pembagian dengan 0 (nol) atau lebar kolom tidak cukup untuk menampung isi tampilan suatu hasil. Pesan error dimulai dengan tanda “#” kemudian diikuti dengan jenis kesalahannya. Berikut adalah contoh pesan error yang muncul yang pernah saya alami :

Pesan Error
Keterangan
#####
Sel berisi data bilangan, tanggal atau waktu yang lebih lebar dibanding sel yang ditempatinya, atau hasil munus dalam format tanggal dan waktu
#N/A
(Not Available) Referensi data tidak cocok dan tidak dapat digunakan oleh fungsi atau formula
#DIV/0!
Terdapat pembagian dengan nol
#NAME?
Excel tidak mengenali teks dalam formula
#REF!
Referensi sel yang digunakan tidak berlaku
#VALUE!
Tipe argumen yang digunakan dalam fungsi adalah salah. Argumen di sini dapat berupa nilai numerik, teks, nama, label, referensi sel, range sel dan fungsi.

Demikian bahasaan saya pada artikel kali ini mengenai Pesan Error dan Format Data dan Sel pada microsoft excel, tujuan saya membuat artikel ini adalah untuk mengoptimalkan pemakaian data, argumen ataupun fungsi tanpa mengalami Error. Bilamana terdapat kesalahan dimohon untuk mengirim revisi anda lewat komentar atau contact R. Saya harap artikel ini membantu dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan ilmu pengetahuan. Terima kasih atas perhatiannya

Salam ...

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates