Breaking News

Wednesday 9 March 2016

Cara Menggunakan Microsoft Excel (Formula)

Formula Pada Excel

Salam…

                Semoga anda sebagai pembaca berada dalam kondisi yang menyenangkan, di dalam postingan saya kali ini saya bermaksud untuk melanjutkan bahasan mengenai postingan sebelumnya, yaitu mengenai cara menggunakan aplikasi Microsoft excel secara mendasar.
                Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang lebih rinci dengan apa yang disebut Formula pada Microsoft Excel. Berdasarkan definisi dari buku karangan Guntar Pangaribuan yang berjudul Aplikasi Excel untuk Rekayasa TEKINK SIPIL. Formula merupakan ekspresi matematika untuk menghitung hasil dari dua buah nilai atau lebih. Formula bisa jadi terdiri dari bilangan, operator matematika, fungsi-fungsi, referensi sel atau range sel. Dan ciri khas formula seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya harus diawali dengan tanda “=”.
Contoh formula :
=B2+B3                                 menjumlahkan data pada sel B2 dengan sel B3
=SUM(D2;D4)                    menjumlahkan data bilangan sel D2, D3 dan D4

                Jika kita ingin meng-copy suatu formula, kita harus terlebih dahulu memperhatikan jenis sel dalam formula tersebut. Karena terdapat yang namanya sel relatif yang bilamana di-copy akan otomatis menyesuaikan diri dengan tempat barunya.
                Contohnya : sel C1 berisi formula =A1+B1 bila di-copy dan di-paste ke sel E2 akan menjadi =C2+D2.

                Sel Absolut merupakan suatu sel yang tidak mengalami perubahan alamatnya seperti sel relatif yang dibahas barusan bilamana di-copy ke alamat yang lain. Cara untuk menggunakan sel absolut adalah dengan menambahkan Notasi “$” di depan nama kolom atau nomor baris. contohnya $A$4 pada kolom A, dan baris 4. Selain itu jika kita hanya menggunakan Notasi “$” pada kolom atau baris saja, maka hanya akan mengubah salah satu alamtnya saja, Contoh : kolom A pada $A4 akan tetap apabila dicopy, namun lain ceritanya dengan nomor baris, nomor baris akan menyesuaikan dengan lokasi barunya karena tidak dicantumkan Notasi “$”. Demikian jika terjadi pada hal sebaliknya seperti A$4, sel-sel seperti itu disebut sel semi-absolut.

                Formula yang menyatakan relasi sel-sel atau range sel, misalnya =B4+C30 atau =SUM(A4:C20), akan lebih sulit dibaca ketimbang relasi matematik dengan nama variabel yang lebih praktis, misalnya = x + n atau SUM(B). Sel dan range sel bisa dibuat namanya dengan cara : pilih menu Insert > Name > Define > Names. Pemberian nama ini berlaku untuk semua sheet dalam satu workbook. Lalu bilamana hanya mewakili terhadap sheet tertentu, misalnya Sheet1. Penggunaan atau pemakaian variabel-variabel ini boleh dikatakan sangat direkomendasikan, dan akan jelas terasa manfaatnya, karena akan membuat formula menjadi terlihat lebih sederhana. Nama-nama yang dipakai berikut lokasinya dapat dibuat kedalam list dan dicetak dalam worksheet dengan cara Insert > Name > Paste > paste List. Tujuan untuk mencetak list ini akan bermanfaat bila kita bekerja dalam jumlah variable yang banyak dan dalam sheet yang berbeda.
Begitulah yang saya ketahui mengenai apa yang disebut Formula didalam Microsoft Excel, saya berharap apa yang saya sajikan bisa membantu dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan ilmu pengetahuan. Saya mengucapkan mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik itu dari segi materi ataupun penulisan. Dan apabila saya salah dimohon koreksinya di comment.
Terima kasih atas perhatiannya.

Salam...

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates