Breaking News

Friday 8 April 2016

Install ulang pada Hard Disk yang sudah di format (windows)

salam...

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pemecahan masalah mengenai hal install ulang windows yang khususnya bermasalah dengan pembagian partisi.

Permasalahan bermula ketika saya hendak merubah sisetm operasi windows 8.1 ke windows 10 enterprise. sebab saya melakukan install ulang adalah karena melihat partisi hardisk yang memang acak-acakan. rencana nya saya akan install 100 GB untuk sistem operasi dan sisanya untuk data.

namun ketika saya hendak menginstall terdapat permasalahan Hard Disk yang terpasang tidak terbaca oleh windows installer nya. (panic mode ON)

pas saya lihat di error details nya ternyata format Hard Disk yang saya gunakan bertipe GPT (Guide Partition Table). sedangkan yang dibutuhkan oleh windows adalah Hard Disk bertipe MBR.

awalnya saya bingung bagaimana caranya untuk menginstall ulang atau merubah format Hard Disk, soalnya Drive system (C) nya sudah saya format terlebih dahulu.

mau balik lagi ke windows 8.1 juga sudah tidak bisa, karena system nya sudah dihapus. akhirnya saya diberitahu oleh teman sekelas bahwa merubah format Hard Disk juga bisa diakukan walaupun tanpa Sistem Operasi yang terpasang pada mesin kita.

caranya jika kita memakai windows... cukup buat bootable OS dengan menggunakan aplikasi bootable seperti rufus atau semacamnya.

lalu kita masuk ke mode installer sistem operasi, namun jangan dulu di klik Install Now. pilih repair terlebih dahulu.

sebelum melakukan formatting hard disk sangat disarankan untuk melakukan back up data ke media penyimpanan seperti hard disk external, atau bisa juga flash disk tapi kebayang jumlah nya.. hihi

lalu kita pilih troubleshoot menggunakan command prompt.

1. pilih command prompt lalu ketik "diskpart" lalu tekan ENTER
2. selanjutnya ketik "list disk" maka akan tampil jumlah partisi yang terpasang pada mesin anda.
3. sebagai contoh saya merubah partisi Hard Disk di Disk 0 maka kita tinggal ketik "select disk 0", tekan ENTER lagi.
4. lalu ketik "clean" untuk format disk yang dipilih barusan.
5. selanjutnya adalah langkah final, ketik "convert mbr" jika ingin merubah format ke mbr, atau "convert gpt" jika ingin merubah nya ke bentuk gpt.

setelah itu maka hard disk anda akan terbaca oleh windows installer nya.

sekali lagi saya menyarankan agar melakukan back up data terlebih dahulu sebelum melakukan formatting hard disk. kalau saya sebelum nya sudah back up semua data-data penting saya melalui google drive. jadi aman deh meskipun laptop saya terkena halilintar juga. (huss... amit-amit-amit). terima kasih google. hihi

selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates